:: 62 8000 xxx smp1dukun@gmail.com
Info Sekolah
Minggu, 13 Apr 2025
  •                   Pengisian eRapor bisa dilakukan melalui link berikut         Belajarlah sungguh-sungguh, semoga ASAS diberikan hasil yang terbaik        Klik disini untuk mengunduh Surat Pemberitahuan ASAS Gasal        
  •                   Pengisian eRapor bisa dilakukan melalui link berikut         Belajarlah sungguh-sungguh, semoga ASAS diberikan hasil yang terbaik        Klik disini untuk mengunduh Surat Pemberitahuan ASAS Gasal        
7 Februari 2023

Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Mind Mapping

Sel, 7 Februari 2023 Dibaca 276x Mading Online

*Email: suhartatikyuni@gmail.com

Prestasi belajar secara sederhana bisa dimaknai sebagai bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seorang siswa dengan tiga aspek di dalamnya, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Dimyati dan Mudjiono (2009), menyatakan bahwa prestasi belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar.

Prestasi belajar adalah hal mutlak yang harus dicapai siswa pada semua mata pelajaran, termasuk Ilmu Pengetahuan Alam. Banyak manfaat yang bisa diperoleh siswa jika mampu mempelajari dan memahami bidang IPA secara komprehensif.

Manfaat yang dimaksud antara lain: menimbulkan rasa ingin tahu terhadap kondisi lingkungan alam; memberikan wawasan akan konsep alam yang berguna dalam kehidupan sehari-hari; ikut menjaga, merawat, mengelola, dan melestarikan alam; mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide mengenai lingkungan alam sekitar.

Manfaat tersebut di atas belum bisa dicapai secara optimal oleh siswa di sekolah, termasuk siswa SMPN 1 Dukun, Kabupaten Magelang. Hasil kajian dan analisis guru menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan.

Persentase tingkat ketuntasan KKM hanya mencapai 32,25 persen. Minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran juga masih rendah. Siswa memiliki pandangan bahwa IPA merupakan mata pelajaran yang sulit dengan kuantitas materi yang sangat kompleks.

Guna membantu siswa meningkatkan prestasi belajar IPA, guru akan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi yang dimaksud adalah metode mind mapping. Menurut Tony Buzan (2004), mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah yang akan “memetakan” pikiran-pikiran kita.

Mind mapping adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi keluar otak. Mind Mapping bisa digunakan untuk mengajak serta melatih siswa agar bisa berfikir sistematis, memetakan pikirannya, dan menciptakan kategorisasi sesuai dengan kemampuannya.

Secara lebih rinci, kelebihan dari metode mind mapping antara lain: membuat belajar lebih menyenangkan, karena sesuai dengan cara kerja otak masing-masing individu, jadi individu bebas berkarya; materi dapat diaksess kapanpun ketika dibutuhkan.

Selain itu, “what you see, you will remember” karena otak lebih mudah menangkap, mengingat gambar daripada kata-kata dari rangkaian suatu teks; otak lebih mudah mengingat kata penting atau kalimat pendek dibandingkan mengingat sebuah teks yang panjang.

Kelebihan lain, mind mapping dapat mentransfer informasi ke otak dengan jumlah yang signifikan dan mudah dipahami; catatan berbentuk kreatif dan lebih terfokus pada inti materi, tidak harus menjabarkan seluruh materi.

Berdasarkan kajian diatas, bisa lebih ditegaskan bahwa implementasi metode mind mapping dapat membantu optimalisasi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, karena siswa dapat memetakan apa saja struktur dan fungsi mata pelajaran IPA dalam konsep-konsep yang sistematis serta sederhana tapi beralur.

Diterbitkan di Tribun Jateng pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 No 3468/Tahun 9 Hal 4

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Please login to write comment.

Terjemahkan »