Selamat datang di SMP Negeri 1 Dukun ASTS Gasal akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 18 September 2025
Siapkan diri dengan sepenuh hati
Selamat datang di SMP Negeri 1 Dukun ASTS Gasal akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 18 September 2025
Siapkan diri dengan sepenuh hati
Anda disini : Home - Mading Online - Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang SisiI Lengkung Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Dukun
8Februari2023
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang SisiI Lengkung Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Dukun
Rab, 8 Februari 2023 Dibaca 462x
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru pada dasarnya bertujuan untuk memberikan stimulus pada peserta didik terhadap materi yang diberikan. Ketika seseorang guru memberikan penjelasan tentang materi, maka peserta didik akan memberikan respon positif yang diterima selama pembelajaran berlangsung sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran adalah proses yang rumit karena tidak sekedar menyerap informasi dari guru tetapi melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik Endarwati (2011). Pendapat yang senada dikemukan oleh Wasliman (2013:12), hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun internal. Selanjutnya dikemukakan oleh Wasliman (dalam Susanto, 2013:13) bahwa sekolah merupakan salah satu faktor yang ikut mnentukan hasil belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan belajar siswa dan kualitas pengajaran di sekolah, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Menurut Rusmano (2017) menyatakan bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Namun demikian hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar tersebut merupakan prestasi belajar peserta didik yang dapat diukur dari nilai siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh gurupada saat evaluasi dilaksanakan. Banyak siswa belum tuntas KKM. Masalah-masalah yang menyebab hasil belajar rendah antara lain : siswa kurang memperhatikan pembelajaran matematika yang sedang berlangsung, siswa tidak senang jika diberi soal oleh guru, siswa tidak mencari penyelesaian dari soal yang diberikan guru, siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa tidak termotivasi untuk mempelajari matematika secara mandiri.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dukun adalah dengan metode Discovery Learning.
Discovery Learning merupakan metode pembelajaran kognitif yang menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang dapat membuat peserta didik belajar aktif menemukan pengetahuan sendiri. Hosnan (2014) mengatakan bahwa model discovery merupakan model pembelajaran berdasarkan pandangan kontruktivisme. Model discovery menekankan pada pentingnya pemahaman struktur dan ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu melalui keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Peserta didik didorong untuk belajar sebagian besar melalui keterlibatan aktif mereka sendiri dengan konsep-konsep, gagasan-gagasan dan guru mendorong peserta didik untuk memiliki pengalaman yang memungkinkan mereka menemukan prinsip untuk mereka sendiri. Sedangkan menurut Azhari (2015) model Discovery Learning adalah model mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri.
Beberapa keunggulan model pembelajaran ini antara lain adalah : mendukung partisipasi aktif peserta didik dalm proses pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik, memungkinkan perkembangan ketrampilan-keterampilan belajar sepanjang hayat dari pembelajar, membuat pengalaman belajar lebih profesional, membuat pembelajar memiliki motivasi yang tinggi karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan eksperimen dan menemukan sesuatu untuk diri mereka sendiri, mengembangkan kemandirian dan otonomi pada diri pembelajar dan membuat pembelajar bertanggung jawab terhadap kesalahan-kesalahan dan hasil yang mereka buat selama proses belajar, menemukan hal-hal baru yang menarik yang belum terbayang sebelumnya setelah pengumpulan informasi dan proses belajar yang dilakukan.
Berdasarkan kajian di atas , maka pentingnya metode Discovery Learning sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Dukun .
Very nice post. I definitely appreciate this site. Stick with it!
Tinggalkan Komentar